DAWUH PAK USMAN TENTANG SILAT

 

  sore itu ketika selesai latian tanggal 18 oktober 2011 tepatnya hari rabu pak usman menerangkan sesuatu tentang pencak silat.

menurut beliau kita itu sudah gendeng(bodoh).

inilah awal perbincangannya.

pak usman           :assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh

murid-murid      :wa’alaikum salam warohmatullahiwabarokatuh

pak usman           :mohon maaf saya jarang masuk karena saya hanya bisa

masuk hari rabu,yang bisa saya ajarkan tadi cuma tiga gera

kan saja,dan gerakan itu cukup untuk membela diri kalian

dan tanpa kesadaran kalian ini kalian belum tahu bahwa

kalian itu sudah bodoh.

murid-murid     :kok bisa(sambil berbicara dalam hati)

pak usman          :ya,,karena kalian sudah mempelajari ilmu yang nyeleneh,

kalian ingin pintar?

murid-murid   :ya pak!

pak usman        :terus ngapain kalian ikut silat,mending ada di kamar belajar

supaya pintar,malah ilmu untuk memukul orang yang kalian

pelajari,kalian itu sudah gendeng/bodoh,coba kalian pertim-

bangkan,kalau tadi ad di kamar mungkin kalian tidak secapek

ini,(melihan situasi murid-murid sudah kelelahan)

kalianingin mengerti apa pintar.

murid-murid   :mengerti(karena kebanyakan murid-murid dari pondok

mereka sudah biasa diberi pertanyaan tersebut)

pak usman       :kalian ingin jadi orang normal apa bodoh?

murid-murid  :normal

pak usman       :kalau ingin normal ngapain ikut pencak silat,ilmu yang me-

mpelajari cara memukul orang,kan itu perbuatan yanfg terc-

ela.

“saya berpikir,memang iya aku ini sudah bodoh ,ilmu ini kok aku pelajari,tapi sepertinya dari dulu akuikut ini tidak pernah merasa rugi,dan malah aku tambah mendapat ilmu yang banyak sekali”

 

Pak usman     :begini lo,kalian mempelajari ilmu silat sama dengan kamu

mencintai pacarmu,sebenarnya kamu itu sudah gila kepada

pacarmu,dia ingin ini kamu kasih dia ingin itu kamu belikan

sama dengan silat,kamu disuruh kuda kuda mau disuruh lari

mau ,memang saya ini sudah kalah sama kalian kalau masalah

lari karena saya sudah tua,anak saya saja dua,tapi kalau kalian

nantang ilmu pernapasan silahkan,mungkin kalau sama saya

tiga menit pernapasan kalian suadah mencret mencret se-

minggu,kalau hanya mecahin botol,es,batu bata dll,semua

orang bisa,meskipun tidak ikut silat

“tapi kalaumencari ridhonya guru,tidak sembarang orang bisa

seperti halnya kalian ikut silat,kalau kalian ikut silat dikarena-

kan kata karena,tidak akan lama kalian disini,tiga bulan saja

sudah hilang 75%,satu tahun tinggal 8 %.itu karena ada kata

karena.contoh:

“aku mau ikut silat saja,nanti biar ditakutin temen-temen”itu karena sombong

“aku ingin ikut silat karena teman-temanku ikut”itu karena teman

tapi kalau alasan ikut silat untuk supaya bisa,itu yang

akan menjadi awet,dari pada alasan ingin nyoba’in bagaimana

silat itu,bagaimana cara berkelahi dll.

pak usman    :saya kemarin ada  coment dari pembimbing silat kalian

katanya gini”pak kalau muridnya tambah banyak  saya jadi gk

bisa konsentrasi,karena muridnya banyak,”saya bilang”

bubarin aja  besok,hari rabu lagi kalau mau ikut latian harus

karena ingin bisa,kalau tidak gak usah ikut

(to be contiuned)

Tinggalkan Balasan

